RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SEKOLAH
: SMP N 12 Bandung
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : VII / 2
Standar Kompetensi* :
8. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
8.1.Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
beregu bola besar lanjutan serta nilai
kerjasama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman
dan keberanian
Alokasi Waktu :
2x2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melakukan variasi passing
2. Siswa dapat melakukan
variasi drible
3. Siswa dapat melakkan bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Pembelajaran : Permainan Sepak Bola
C. Metode Pembelajaran : 1. Inclusivei
2. Demonstrasi
3. Part and whole
4. Resiprocal
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1, 2 & 3
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki
bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan variasi teknik dasar
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk
kerja sama dan toleransi
·
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki
bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki
·
Melakukan variasi teknik dasar
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar
mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
serta menahan dengan telapak
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E. Sumber Belajar : 1. Buku Teks
2. Bola
3. Lapangan
4. Gawang
5. Peluit
F. Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Mengumpan, menggiring
dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan
dengan telapak kaki
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk
variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola
menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta
menahan dengan telapak
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan, menggiring dan
manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan
telapak kaki !
Posisi telapak kaki yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki,
adalah
a.
menghadap arah bola
b.
menyamping arah bola
c.
memutar arah bola
d.
membelakangi arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
1. Teknik Penilaian :
- Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
Lakukan teknik variasi passing,
driblee dan shooting dengan teknik yang benar
Ket. : Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja siswa dengan rentang 1 s.d 5
N = Σ Skor yang diperoleh x 50
Σ Skor maksimal
- Pengamatan Sikap (Afeksi)
Mainkan permaian sepak bola
dengan peraturan yang dimodifikasi. Ta’ati, kerjasama
dan
tunjukan perilaku yang positif
Ket. : Beri tanda (v) untuk setiap
perilaku
N = Σ Skor yang diperoleh x 30
Σ Skor maksimal
- Kuis (Kognisi)
Jawablah secara benar atau pergakan
dengan baik mengenai konsep gerak dalam permainan
Sepak bola.
Ket. : Berikan penilaian terhadap
kualitas jawaban siswa dengan rentang 1 s.d 5
N = Σ Skor yang diperoleh x 20
Σ Skor maksimal
NA = NP + NA + NK
2. Rubrik Penilaian :
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Sepak Bola
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
1. Melakukan variasi
passing
2. Melakukan variasi drible
3. Melakukan shooting
4. Bermain dengan peraturan
yang dimodivikasi
|
|
10 – 25
10 – 20
10 – 30
10 - 25
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
Jumlah skor max : 100
Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
Dalam permainan sepak Bola
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Perilaku yang diharapkan
|
Skor
|
Nilai
|
1. Melakukan variasi
passing
2. Melakukan variasi drible
3. Melakukan shooting
4. Bermain dengan peraturan yang
dimodivikasi
|
1. Bekerjasama dengan teman satu team
2. Berani menembus
pertahanan lawan
3. Menta’ati peraturan
4. Menghormati wasit
5. Menunjukkan sikap
sportif
|
10 – 20
10 – 20
10 – 20
10 – 20
10 - 20
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
Jumlah skor max : 100
Rubrik Penilaian
Pemahaman Konsep
Dalam permainan sepak Bola
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Pertanyaan yang diajukan
|
Skor
|
Nilai
|
1. Melakukan variasi
passing 2. Melakukan variasi
drible
3. Melakukan shooting
4. Bermain dengan peraturan yang
dimodivikasi
|
1.Bagaimanakah arah bola saat melakukan gerakan passing
2. Bagaimana posisi kaki saat
melakukan shoting
3. Bagamana langkah kaki saat melakukan driblle
4. Bagaimana pandangan
saat melakukan driblle
|
10 – 25
10 – 25
10 – 25
10 – 25
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
Jumlah skor max : 100
JUMLAH
NILAI
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Psikomotor
|
Afeksi
|
Kognisi
|
JML
|
Keterangan
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|||
1. Melakukan variasi
passing
2. Melakukan variasi drible
3. Melakukan shooting
4. Bermain dengan peraturan yang
dimodivikasi
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Batas Tuntas lihat SKBM
Mengetahui,
Guru Pamong Mapel PJOK
(Sabar Muljana, S.Pd)
NIP. 197004141998031007
|
|
Bandung, Februari 2016
Guru Mapel PJOK.
(Agung
Ginanjar)
NIM.1203750
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar